Senin, 12 Desember 2011

Cara Menyetel / Tuning gitar

Setelah kita tahu seluk beluk gitar dan bagian- bagiannya, sebagai seorang calon pemain gitar, lebih baiknya kita dapat memahami nada- nada gitar itu sendiri. Dengan kata lain, Feeling kita tentang musik dan kreatifitas seni gitar kita bertambah. Salah satunya adalah mungkin yang kita anggap hal kecil, akan tetapi kita sebagai gitaris paling tidak harus bisa Menyetel gitar / stem / Tuning. Sehingga jika sewaktu- waktu ada salah satu nada / senar yang tidak pas kita bisa menyetelnya sendiri.

Banyak cara untuk menyetel gitar / Stem, diantaranya adalah sebagai berikut:
Putar tuner(penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali(dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut: 
 
  1. Nada Senar no 1(E) los senar = Nada senar no 2(B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 2(B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4)
  1. Nada Senar no 3(G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 4(D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5)
  1. Nada Senar no 5(A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar