Rabu, 30 November 2011

Penelitian Rahasia Tentang Matahari yang Menolong Kehidupan Bumi

Cahaya dan panas matahari itu adalah sumber seluruh kegiatan kita. Mari kita teliti rahasia yang penting.


PERMUKAAN DAN ISI MATAHARI
Kalau kita melihat matahari dengan kacamata hitam yang dilumuri jelaga (tidak baik melihat matahari secara langsung), kita bisa melihat bentuk permukaannya yang bulat. Ini disebut Fotosfer yang bersuhu tinggi  sekitar 5700°C.


Di Fotosfer ada bintik hitam dan bintik putih berkilauan yang bersuhu lebih rendah, sekitar 1000°C, yang menyemburkan lidah api merah hasil ledakan. Di bagian luarnya ada Kromosfer berwarna merah, yang di bagian luarnya lagi diselimuti oleh gas bernama Korona.

APA SAJA YANG MUNCUL DARI MATAHARI?
Matahari mengeluarkan cahaya (gelombang electromagnet yang terlihat sebagai cahaya) yang terasa di mata, sinar infra merah, sinar ultra violet, sinar X, Sinar Gamma, dan  gelombang listrik. Penyinaran ini disebut radiasi. Matahari juga menyemburkan angin panas yang disebabkan oleh plasma. (atom yang proton dan elektronnya terpisah).
Di inti pusat matahari, karena reaksi fusi nuklir yang menyebabkan hydrogen berubah menjadi helium, lahirlah suhu tinggi sekitar 1.000.000°C yang dikirim ke permukaan melalui lapisan arus konveksi.
Bentuk matahari seperti bola api raksasa yang besarnya 109 kali lipat Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar